Tiga bulan lalu saya sambat Slackware current hang saat booting dan shutdown. Sekarang masalah tersebut teratasi.

Secara default laptop Asus X453MA diperuntukkan bagi pengguna Microsoft Windows. Hal ini terlihat dari web resminya yang menyediakan driver hanya untuk Windows khususnya Windows 8.1 dan Windows 10. Juga terlihat dari “paket bundling”-nya yang menyediakan Windows preinstalled.

Sedangkan yang saya punya, sebenarnya dulu belinya sudah diinstallkan Windows 8.1 oleh pihak toko. Awalnya saya pilih kosongan aja sesuai aslinya. Tapi berhubung pihak toko menawarkan Windows 8.1 trial 6 bulan dan saya kepengen icip-icip Windows 8.1 jadilah laptopnya ada Windowsnya. Nah, karena Windowsnya cuma trial, saya belum sanggup beli orinya (bajakan sih banyak yang jual) dan lebih suka pakai Linux, Jadilah laptopnya ber-Slackware.

Sesuai spek, Asus X453MA lebih cocok untuk arsitektur 64 bit (x86_64), komputer kekinian. Maka diinstallah Slackware64 14.1.

Slackware 14.1 joss gandos lancar jaya tanpa masalah berarti. Tapi terlalu jadul karena rilis tahun 2013. Sementara belum ada rilis stable lagi. Setelah terbukti bisa berjalan mulus kemudian saya putuskan upgrade current. Tapi malah bermasalah, susah booting dan shutdown.

Alhamdulillah masih punya kernel lama (3.10.17), upgrade pakai slackpkg dan tidak lupa mem-_blacklist_ kernel sehingga masih bisa produktif dengan memakai kernel lama. Kernel versi current saya install manual dari berkas txz yang disediakan repo UKDW.

Oke, basa-basinya cukup, sekarang solusinya.

Atur agar kernel yang digunakan adalah kernel curent (sekarang 4.4.8, insya Allah sebentar lagi 4.4.9).

Reboot. Saat akan booting kembali tekan F2 untuk memunculkan pengaturan BIOS. Silahkan tekan tombol panah kanan untuk berpindah ke tab Advanced. Pada bagian OS Selection pilih Windows 7 jangan Windows 8.1.

Tekan F10, muncul dialog, pilih Yes untuk menyimpan dan keluar dari BIOS.

Tidak ada stuck lagi saat booting maupun shutdown dengan kernel current (saat ini yang saya gunakan 4.4.8).