Kecerahan monitor / brightness 100% membuat mata cepat lelah. Apalagi kalau secara default begitu masuk X brightness-nya 100% dan mata terpajan dalam waktu lama. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan mata karena bisa menimbulkan Computer Vision Syndrome.

Berapa persen brightness yang pas? Silahkan Anda sesuaikan, senyaman Anda. Untuk mengatur brightness bisa gunakan xbacklight.

Untuk mengetahui berapa persen brightness yang digunakan saat ini xbacklight. Sedangkan untuk mengubahnya xbacklight -set persen. Contoh akan diatur brightness-nya 15%:

xbacklight -set 15

Pengaturan ini hanyalah bersifat current/temporer. Setelah dihidupkan ulang brightness kembali ke 100%.

Untuk membuatnya permanen, dalam arti membuat brightness sesuai keinginan (tidak 100%) walau di-_restart_, jadikan saja sebagai autostart. Caranya, klik menu Applications –> Settings –> Session and Startup

Klik tab Application Autostart kemudian klik tombol + Add

Lalu diisi

Yang paling penting adalah bagian Command. Silahkan isikan xbacklight-nya. Di sini saya gunakan 15%. Adapun Name dan Description silahkan diisi sesuai selera yang dapat dipahami bahwa itu adalah untuk mengatur brightness (jaga-jaga kalau lupa xbacklight itu fungsinya apa).