Secara resmi, Slackware masih menggunakan KDE 4 yang “ketinggalan jaman” padahal pengembang KDE telah merilis KDE (sekarang biasa disebut Plasma) 5. Plasma 5 ini masih tetap seperti “kakaknya” (KDE 4) yang boros memory dibandingkan Xfce. Tapi, masya Allah tampilan lebih keren!

Untuk menikmatinya, Eric Hameleer atau yang terkenal dengan nama Alien telah membuat slackbuild dan binary package-nya yang bisa kita gunakan. Versi terakhir versi Eric saat ini adalah Plasma 5.7.4 sedangkan insya Allah tanggal 4 Oktober 2016 KDE merilis Plasma 5.8.0.

Karena keterbatasan kuota internet (maklum tarif internet di Indonesia masih mahal), saya lebih suka langsung download binary daripada slackbuild. Di sini saya gunakan 14.2 64 bit dan sejak awal tidak meng-_install_ paket dari kelompok kdei.

rsync -rvz --partial --progress --exclude=kdei rsync://slackware.uk/people/alien-kde/14.2/5/x86_64/ plasma5/

Selama proses install oleh Eric dilarang menjalankan KDE maupun X, dalam artian install dengan runlevel 3.

init 3

Uninstall KDE 4 terlebih dahulu.

removepkg /var/log/packages/*-4.14.3-* libkscreen kscreen kactivities kde-workspace libmm-qt libnm-qt plasma-nm polkit-kde-agent-1 polkit-kde-kcmodules-1 kdeconnect-kde kdepimlibs

Install dependensinya

cd plasma5
upgradepkg --reinstall --install-new deps/*.t?z

Install Plasma 5 beserta aplikasinya

upgradepkg --reinstall --install-new kde/*/*.t?z

Nah, peng-_install_-an Plasma 5 ini akan membuat beberapa konfigurasi baru. Silahkan pilih akan di-_overwrite, remove_, atau ignore.

slackpkg new-config

Setelah semua beres, jangan lupa untuk mengubah DE default

xwmconfig

Pilih xinitrc.plasma