Beberapa hari yang lalu install i3 (i3wm) menggunakan sbopkg. Biasanya, dengan desktop environment lain seperti Mate, baterai bisa bertahan 4 - 6 jam. Namun, dengan i3 belum 3 jam sudah minta dicas, padahal penggunaannya seperti biasa tidak ada perbedaan signifikan.

Cek powertop ternyata banyak yang Bad seperti default-nya tanpa TLP. Padahal service TLP saat booting jalan, Tunable di powertop hanya 1 yang Bad lainnya Good semua.

I3 memiliki berkas konfigurasi /etc/i3/config. Konfigurasi itu yang saya gunakan. Berkas tersebut juga bisa diisi script atau aplikasi yang jalan saat i3 di-_start_. Di berkas ini saya masukkan service TLP untuk di-_restart_ ketika masuk i3. Yang perlu diperhatikan, pengguna login sebagai user biasa bukan root, sedangkan untuk me-_restart_ TLP butuh hak akses root.

Nah, di sinilah saya menggunakan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu saya sukai, yaitu sudo. Mengapa saya tidak terlalu menyukai sudo?. Karena Slackware sudah diketahui password rootnya yang dibuat saat install. Berbeda dengan Ubuntu, Linux Mint dan anak cucunya yang memang butuh sudo karena password rootnya secara default sangat misterius antah berantah.

echo "exec_always sudo /etc/rc.d/rc.tlp restart" >> /etc/i3/config
echo "sasongko ALL=(ALL) NOPASSWD: /etc/rc.d/rc.tlp restart" >> /etc/sudoers
# silahkan ganti 'sasongko' dengan user Anda

Untuk booting selanjutnya TLP akan tetap jalan walau di i3 sekalipun.