Setelah 2 minggu, -Current kembali mendapatkan update Jum’at kemarin tanggal 17 November 2017. Banyak update, ada yang upgraded, rebuilt, added, dan removed. Salah satunya adalah masuknya kernel 4.14.0 yang merupakan kernel terbaru yang dirilis tanggal 12 November 2017 yang lalu.

Setelah upgrade dan eliloconfig kemudian restart, ternyata muncul masalah! Bootloop! Loading vmlinuz... langsung reboot. Begitu seterusnya.

Alhamdulillah punya DVD Slackware64 14.1 yang masih bisa dipakai, jadi untuk recovery-nya lebih mudah. Boot dari DVD kemudian waktu muncul grub pilih opsi yang intinya detect another operating system (persisnya saya lupa). Ada beberapa pilihan, antara lain

Linux /boot/vmlinuz-generic-4.14.0
Linux /boot/vmlinuz-huge-4.14.0  

Pilih kernel huge bisa lancar tidak ada masalah. Saya biasanya pakai kernel huge karena tidak mau ribet, sesuai default hasil eliloconfig. Memastikan elilo.conf terisi dengan benar. Tak lupa membuat initrd untuk kernel generic, jaga-jaga, siapa tahu dibutuhkan.

Pengaturan beres! Restart…. eh….. masih bootloop. Ya sudah, switch ke kernel generic dan hasilnya booting sukses. Alhamdulillah….