Catatan Penggunaan Open Source

Blog ini merupakan sebagian dokumentasi atau catatan pribadi dari Sasongko Bawono, seorang pengguna GNU/Linux (untuk selanjutnya hanya saya sebut linux) amatir, berisi tentang penggunaan linux dan free and open source software (FOSS) lainnya. Penulis bukanlah orang yang mahir sehingga masih memerlukan masukan, kritik, dan saran agar menjadi lebih baik lagi. Silahkan sampaikan melalui surel/email atau Telegram.

Linux yang digunakan sehari-hari adalah BlankOn 9.1 Suroboyo i386 dan Slackware64 current, tapi yang lebih sering digunakan adalah Slackware. Sedangkan BlankOn diinstal secara virtual. Mengapa diinstal virtual? Karena belum mendukung untuk dipasang di perangkat dengan EFI. Adapun perangkat yang digunakan adalah notebook Asus X453MA.

Namun, per 12 Juni 2016, BlankOn resmi saya hapus. Alasannya simpel: peningkatan kebutuhan akan ruang penyimpanan dalam harddisk dan kebutuhan berkomputer telah dapat dipenuhi dengan baik menggunakan Slackware.

Dan terhitung mulai tanggal 3 Juli 2016, menggunakan Slackware64 14.2.

Pada minggu kedua November 2016, terpaksa berganti laptop menggunakan Lenovo Ideapad 110 karena Asus X453MA mengalami kerusakan parah pada motherboard/mainboard dan keyboard akibat insiden runtuhnya plafon ternit kantor penulis. Adapun sistem operasi yang digunakan masih tetap setia dengan Slackware

Bagi pengguna linux lainnya mungkin terdapat perbedaan, semoga bisa disesuaikan. Namun demikian, apa yang tertulis dalam catatan ini dapat berjalan dengan baik di perangkat kami, sehingga kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan/atau kehilangan data maupun perangkat yang dimiliki oleh Pembaca, baik sebagian atau keseluruhan, yang terjadi setelah Pembaca mempraktekkan apa yang tertulis dalam catatan kami. Apabila ada perbedaan antara yang tertulis di catatan kami dengan apa yang ada pada linux Pembaca, silahkan disampaikan melalui kotak komentar yang ada di bawah setiap catatan/postingan.

Semua tulisan yang ada di Catatan Sasongko boleh disalin dan disebarluaskan secara bebas. Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengembangan linux dan free and open source software (FOSS) khususnya distro BlankOn dan Slackware beserta aplikasi yang dibawakannya, termasuk di dalamnya para pengembang dan pengguna linux dan free and open source software (FOSS) yang telah menuliskan berbagai dokumentasi; serta kami sampaikan pula kepada para Pembaca yang bersedia mengunjungi blog ini. Barakallahu fiykum. Semoga membawa manfaat bagi kita semua. Amin.