Install Libre Office di Slackware

Secara default aplikasi perkantoran yang disediakan Slackware bukan Libre Office. Kalau pada saat instalasi Slackware (yang penulis gunakan arsitektur 64 bit) memilih full install maka aplikasi perkantoran yang terpasang adalah Calligra. Dibandingkan dengan Calligra, saya merasa lebih sreg menggunakan LibreOffice karena kompatibilitasnya yang lebih baik terhadap dokumen yang dibuat dengan Ms Office (harap maklum, masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa move on ke open source dan tidak semua menggunakan Ms Office bajakan).

Berikut adalah langkah-langkah install Libre Office melalui SlackBuild.

Pastikan sudah terinstall Java Development Kit (JDK) dan CPAN Archive Zip. Untuk install JDK bisa dilihat [di sini]({% post_url 2015-06-07-install-jdk-slackware %}). Kemudian untuk modul perl CPAN Archive Zip.

# cpan -i Archive::Zip

Setelah dependensinya terinstall, kita install Libre Office-nya melalui SlackBuild aja yang gampang. Oiya di sini pastikan kita memegang root privileges.

cd /usr/local/src
wget http://slackbuilds.org/slackbuilds/14.1/office/libreoffice.tar.gz
tar xzf libreoffice.tar.gz
cd libreoffice
wget http://download.documentfoundation.org/libreoffice/stable/4.4.3/rpm/x86_64/LibreOffice_4.4.3_Linux_x86-64_rpm.tar.gz
sh libreoffice.SlackBuild
installpkg /tmp/libreoffice-4.4.3-x86_64-1_SBo.tgz

Oke, Libre Office sudah terinstall. Alhamdulillah….

 Share!

 
comments powered by Disqus