Mengenal R

R adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan bersifat open source. R bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman spesialis data. Tidak mengherankan kalau R digunakan untuk keperluan handling data seperti statistik, data mining, data science dan machine learning.

Meskipun bersifat open source, sampai sekarang belum ada sistem operasi open source yang memasukkan R secara default terinstall dalam sistemnya. Namun demikian beberapa distro linux menyertakan R ke dalam repo resmi. Distro tersebut antara lain Debian, OpenSUSE dan Ubuntu. Bagaimana dengan Slackware? Officiall repo tidak ada. Namun, bisa didapatkan dari komunitas SBo. Apakah tersedia untuk Windows dan MacOS? Pengembang R sangat baik hati. Mereka juga membuat R untuk Windows dan MacOS. Jadi, R bisa digunakan semua sistem operasi komputer.

Pengguna R tidak perlu repot-repot memikirkan anggaran pembeliannya. Bisa di-download, digunakan dan disebarluaskan. Gratis.

Secara default R mempunyai tampilan text-based interface yang dinamakan Rconsole. Karena R Bersifat open source banyak orang bergotong-royong membuat R menjadi jauh lebih baik, bahkan lebih baik daripada statistical packages lainnya. Sangat banyak pengembang membuat library/package agar R bisa digunakan oleh semua orang sesuai kebutuhannya masing-masing. Bagi pengguna yang “alergi” text-based interface, bisa disulap menjadi graphical user interface (GUI) dengan packages seperti RCommander sampai JASP. Tinggal klak-klik beres!

Sementara ini dulu. Untuk selanjutnya insyaallah akan dituliskan bagaimana menggunakan R untuk keperluan statistik, data mining dan machine learning.

 Share!

 
comments powered by Disqus