Mengamankan File Folder

Salah satu hal yang membuat saya menggunakan linux khususnya Slackware adalah perlindungan terhadap privasi. Data-data sensitif dan rahasia terlindungi dengan aman. Perlindungan ini ada beberapa bentuk/teknik antara lain penyembunyian, hak akses dan enkripsi. Penyembunyian sederhana dengan menambahkan . pada nama file/folder sangat tidak dianjurkan karena akan mudah dibobol. Teknik penyembunyian yang kami sarankan adalah dengan steganografi tetapi itu akan kami sampaikan besok-besok, insyaallah. Yang sekarang adalah menggunakan hak akses. Adapun dengan enkripsi bisa menggunakan [gpg]({% post_url 2017-01-14-enkripsi-dg-gpg %}) atau [openssl]({% post_url 2017-01-08-enkripsi-dg-openssl %}).

Misalkan terdapat folder privat. Folder ini diatur sedemikian rupa agar tidak sembarang orang/pengguna/user bisa mengaksesnya. Hanya root dan user dari group tertentu saja yang bisa. User tersebut adalah bernama rahasia1 dari group rahasia.

Silahkan buat grup dan usernya dulu kalau memang belum dibuat

groupadd rahasia
useradd rahasia1 -g rahasia

Sekarang, atur hak milik (ownership) folder tersebut

chown rahasia1:rahasia -R privat

Kemudian berikan hak akses penuh (read,write,execute) untuk owner dan grupnya, sedangkan untuk selain mereka tidak akan mendapatkan akses.

chmod ug+rwx,o-rwx -R privat

Nah, sekarang foldernya sudah aman. Untuk mengembalikan lagi agar semua bisa mengakses secara penuh

chmod a+rwx -R privat

 Share!

 
comments powered by Disqus